…………Travel Tourism Indonesia…TTIspot

. . . . . . . . . . Mari kita monitor denyut nadi pariwisata. Lihat PILIH KATEGORI.

Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional

Posted by Arifin Hutabarat pada 26 Oktober, 2008

Wardiyatmo

Wardiyatmo

Sekretaris Jendral Depbudpar, Wardiyatmo, menyelenggarakan dan memimpin Forum Penyusunan RIPP – Rencana

Induk Pembangunan Pariwisata – Nasional. Forum itu dilaksanakan tanggal 20-21 Oktober 2008 di Jakarta, di mana secara bergantian, diundangnya berbagai kalangan untuk menghimpun pendapat dan saran, seperti dari kelompok pers, kelompok antar departemen, dls.

Konsep dasar telah dipersiapkan dan disajikan ke hadapan peserta forum. Sebagai pemerintah di tingkat nasional, sudah barang tentu konsep dimaksud mencakup berbagai pertimbangan, sehingga dalam menyusun konsep dilakukan holistic approach. Di dalamnya, berbagai aspek menguraikan keadaan, analisa dan prospek sehingga penyusunan itu juga mencerminkan pendekatan dari masing-masing ilmu – discipline apporach.

Pada kesempatan itu, saya (Arifin Hutabarat) mengusulkan bagaimana kalau dengan tegas jelas juga dilakukan pendekatan bisnis terhadap pariwisata – business approach. Mengingat, keseluruhan pendekatan dalam rencana pembangunan, pada akhirnya bermuara pada terlaksananya kegiatan bisnis di bidang pariwisata, yang mampu mengefektifkan isi dari kebijakan dan strategi pembangunan yang disusun.

Sebagai contoh, dalam menyusun prospek dan target-target jumlah wisman berkunjung ke Indonesia, di samping dimungkinkan disusun berdasarkan perhitungan linier, kuadrati dan eksponensial, akhirnya bermuara pada kenyataan supply and demand di pasar, antara lain misalnya mengenai ketersediaan riel jumlah seat penerbangan yang mengangkut wisman. Artinya, kegiatan bisnis penerbangan yang melayani rute internasional ke Indonesia, akan sangat menentukan berapa jumlah wisman yang bisa diangkut untuk datang berkunjung.

Di lain pihak bagi operator penerbangan, keputusan untuk beroperasi ke Indonesia pada dasarnya akan bergantung pada beberapa faktor termasuk perhitungan laba rugi pada rute yang dioperasikan, sarana dan prasarana yang efisien dan efektif mendukung pelaksanaan operasi penerbangan internasional, dst.

Di samping itu, RIPP yang hendak disajikan itu, mencakup jangkauan waktu sampai tahun 2025. Peserta dari pers, termasuk saya, mengusulkan agar lebih memfokuskan periode lima tahunan, sebagai the foreseeable future. Kendati tidak terungkap di forum bersama pers tersebut, namun di belakang kita ada pertimbangan-pertimbangan derasnya perubahan di berbagai aspek kehidupan sosial ekonomi, yang dibawa oleh derasnya perubahan-perubahan teknologi transportasi dan teknologi informasi, sehingga akan membuat prediksi perkembangan bisnis berjangka sangat panjang akan cenderung meleset.

Bagaimanapun, kita sekarang menanti akan adanya RIPP Nasional, yang akan menjadi pedoman baru dalam membangun kepariwisataan secara menyeluruh, untuk suatu proyeksi jangka waktu tertentu, dengan pertimbangan dan sasaran yang mestinya akan mencakup semua segi dari perspektif nasional dan global.

Iklan

4 Tanggapan to “Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional”

  1. Saya suka sekali dengan perkembagan situs yang saling kepariwisataan ini, saya ingin memberi obat jitu yang paling utama dalam membangun Penyusunan Pariwisata Indonesia yaitu dari situs yang harus dimiliki oleh Pemerintah yang Alhamdulillah telah saya selamatkan dari tangan yang tidak bertanggung jawab http://www.visitindonesia.net situs ini murni milik Wings Tour dan ingin sekali saya agar Depbudpar mengembangkanya karena via situs inilah kita bisa memiliki Indonsia di Dunia maya yang sebenarnya dan tanpa situs ini kita tidak akan maksimal seperti Singapore dengan kebanggaan situsnya http://www.visitsingapore.com

    Terima kasih dan saya tunggu kabarnya
    Abdullah Alatas
    WINGS TOUR
    JL Dewi sartika raya 317 Jakarta 13630 Indonesia
    Phone : 021-80888180
    Fax : 021-80888140

  2. Raihan Rahman said

    Sangat baik

  3. Setelah lebih dari dua tahun, apakah sudah jadi RIPP-nya? Dan kalau sudah jadi, apakah sudah disosialisasikan, terutama kepada para pihak yang berkepentingan?

  4. Genie said

    No matter if some one searches for his essential thing,
    so he/she wants to be available that in detail, thus
    that thing is maintained over here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: