…………Travel Tourism Indonesia…TTIspot

. . . . . . . . . . Mari kita monitor denyut nadi pariwisata. Lihat PILIH KATEGORI.

Inisiatif dan Kreatifitas yang diperlukan di Lapangan

Posted by Arifin Hutabarat pada 27 Juli, 2009

Pihak Uni Eropa sudah mencabut larangan terbang bagi maskapai penerbangan Indonesia. Garuda Indonesia kini berencana akan terbang kembali ke sana, yang menurut salah satu Direkturnya, “maskapai ini akan membuka rute Jakarta-Amsterdam pada kuartal kedua tahun depan.” Nah, berbagai persiapan perlu Anda lakukan jika ingin memanfaatkan peluang kembali menggarap turis dari Eropa. Sejak jauh hari sebelumnya pemasaran dan penjualan harus diluncurkan.

Gedung Bank Indonesia (BI) Yogyakarta yang pernah menjadi kantor De Javasche Bank (DJB) akan dibuka untuk masyarakat umum sebagai tempat wisata sejak 16 Juli 2009. “Selain menjadi tempat wisata, gedung BI juga akan menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan budaya di Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota budaya,” kata Pemimpin BI Yogyakarta Tjahjo Oetomo di Yogyakarta.

Sedikitnya enam wisatawan dari Suriname kecewa karena museum di Jakarta libur setiap Senin sehingga mereka tidak bisa menikmati pesona koleksi benda-benda bersejarah. Redjomoenawi (53), salah satu dari enam wisatawan tersebut di Kota Tua, Jakarta, minggu lalu mengatakan, seharusnya dalam buku panduan wisata diberitahu bahwa museum pada setiap Senin libur agar pengunjung tidak kecewa.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, segera membangun museum batu mulia dan artefak neolitikum menyusul temuan batu mulia jenis “Le Sang Du Christ” dan potongan batu peninggalan zaman prasejarah di wilayahnya. Selain untuk menampung koleksi bebatuan bersejarah yang terdapat di Purbalingga, museum ini juga akan mengoleksi wayang dari seluruh Indonesia.

Siapa mengelola destinasi:

Ketua Badan Pariwisata Bali, Ngurah Wijaya, mengajak semua pemangku kepentingan dunia pariwisata Bali untuk bersama-sama membenahi manajemen destinasi wisata di pulau itu agar bisa memenangi persaingan industri pariwisata internasional dan domestik.

Dia menyitir pernyataan pemerintah Vietnam beberapa waktu yll di media massa tentang kesiapan mereka memperkenalkan kawasan wisata Pantai China (China beach), yang akan dikembangkan sedemikian rupa agar bisa menyaingi raupan wisata Pantai Kuta dan Pantai Phuket, Thailand.

Festival layang2 diikuti 15 negara?

Sekitar 15 negara akan memeriahkan festival layang-layang internasional yang dilaksanakan di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara mulai 11 Agustus 2009. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Muna, La Fenta di Raha Selasa mengatakan, beberapa negara yang telah dipastikan hadir mengikuti festival layang-layang internasional itu antara lain Korea Selatan, Italia, Singapura dan Malaysia.

Duta kesenian dari 16 negara akan memeriahkan Borobudur International Festival (BIF) pada 16-20 Juli 2009 yang dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Borobudur International Festival (BIF) sebagai agenda rutin lima tahunan.

Sadar wisata:

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) melakukan kampanye Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Bulukumba, Sulsel. Kegiatan ini dihadiri para pengusaha, masyarakat umum, para pejabat dari daerah tetangga seperti Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Sinjai dan Selayar, Sulawesi Selatan, bulan Juli ini.

Transportasi di Bali:

“saya mengeluarkan rekomendasi supaya perusahaan taxi di Bali melakukan peremajaan terhadap armadanya. Saya kira usia rata-rata angkutan taxi di Bali sudah cukup tua dan sudah saatnya di lakukan peremajaan oleh sipemilik usaha,” kata Gubernur Bali.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika berharap agar Konferensi Internasional Budaya Bali Utara menjadi salah satu pendukung terselenggaranya “World Culture Forum 2010” di Bali.
Kegiatan yang digagas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan akan digelar pada 30 Juli hingga 2 Agustus 2009 di Singaraja itu, menurut gubernur, harus ditindaklanjuti dengan langkah-langkah nyata.

Pemerintah Kota Bitung membutuhkan Event Organizer (EO) lokal untuk menyukseskan event Sail Bunaken, yang akan digelar pada 12-20 Agustus. Sesuai dengan agenda acara, dari 37 acara hanya ada 20 agenda yang dilakukan di Bitung, selebihnya dilakukan di teluk Manado.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat akan menggelar festival langkisau ke-7 pada akhir bulan Juli, untuk lebih memperkenalkan seni, budaya dan keindahan alam kabupaten itu. Sedikitnya 80.000 wisatawan domestik dan mancanegara ditargetkan berkunjung ke Festival Langkisau yang digelar pada 28 Juli – 4 Agustus 2009.

Wisata Manado bermartabat, karena yang dijual adalah religi, keindahan alam dan kuliner, sehingga jangan berharap tingkat kunjungan wisatawan yang tinggi dalam setahun.

Pangandaran Kite Festival 2009` atau Festival Layang-layang Pangandaran, kembali digelar di Pantai Wisata Pangandaran Kabupaten Ciamis, 17-19 Juli 2009. Kegiatan festival layang-layang itu merupakan gelaran rutin tahunan di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Ciamis dan menjadi salah satu ikon objek wisata itu. “Ke depan Pangandaran Kite Festival akan didorong untuk menjadi event internasional, dan sekarangpun sudah diikuti penggemar layangan dari luar negeri,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat, H Dede Yusuf, di Bandung, minggu lalu.

Bangka :

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada 2009 menganggarkan sebesar Rp2 miliar untuk peningkatan pembangunan sektor kepariwisataan. Ini juga bagian upaya mempercepat terwujudnya visit Babel Archi 2010. Khusus untuk kegiatan ritual adat dan budaya di kabupaten itu, dianggarkan sekitar Rp100 juta.

“Pada 2010 menjadi tahun kebangkitan dan revitalisasii sektor kepariwisataan Babel sebagai wujud program Visit Babel Archi 2010,” kata Gubernur Babel Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, minggu lalu. Ia menyatakan, pariwisata akan menjadi salah satu sektor unggulan di Negeri Serumpun Sabalai itu dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Pesta Alam dan Durian:

Ribuan wisatawan menyemarakkan lintas alam dan pesta makan durian yang diselengggarakan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu yll. Lintas alam Gunung Bintan diikuti 187 orang dari Padang, Pekanbaru, Selat Panjang, Batam, Tanjungpinang, dan Bintan, sedangkan jumlah peserta pesta durian mencapai ribuan orang dari berbagai daerah, termasuk wisatawan dari luar negeri.

Linggarjati:

Wisata sejarah tempat perundingan antara Pemerintah Belanda dan Pemerintah Indonesia 10 sampai 13 Nopebember 1946 menjadi salah satu objek wisata andalan Kapupaten Kuningan. “Linggarjati sudah dikenal baik nasional maupun internasional, karena itu kami menjadikan daerah itu sebagai obyek wisata andalan,” kata Kabid Pemasaran Pariwisata Kabupaten Kuningan Dodoy Hadori di Kuningan.

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng sejumlah pengusaha untuk mengembangkan wisata pantai dengan memberdayakan masyarakat sekitar. “Langkah itu ditempuh pemkab terkait dengan semakin banyaknya tanah milik warga di kawasan pantai yang dibeli kalangan pengusaha,” kata Bupati Gunungkidul Suharto di Wonosari, Selasa yll.

Salah satu tempat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, Benteng Fort Rotterdam peninggalan jaman Belanda yang terletak di tengah kota Makassar akan direnovasi. Dubes RI untuk kerajaan Belanda, JE Habibie, di Makassar, Selasa yll, mengatakan, salah satu peninggalan Belanda dimasa penjajahan yakni Benteng Fort Rotterdam yang berdiri sejak ribuan tahun tersebut akan segera direnovasi.

Namun, tanggungjawab renovasi itu belum diketahui secara pasti apakah akan dilakukan oleh pemerintah pusat ataukah pemerintah daerah.

(Sumber-sumber: Antara)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: