…………Travel Tourism Indonesia…TTIspot

. . . . . . . . . . Mari kita monitor denyut nadi pariwisata. Lihat PILIH KATEGORI.

Posisi Kegiatan Pemasaran

Posted by Arifin Hutabarat pada 24 Agustus, 2010

Syamsul Lussa

Direktur Pengembangan Pasar Kemenbudpar, Syamsul Lussa, mengingatkan posisi ’marketing’ sebagai salah satu sub sistem dalam sistem pembangunan kepariwisataan Indonesia. Strategi dan kegiatan pemasaran pariwisata perlu didukung oleh sub sistem industri pariwisata dan destinasi pariwisata. Industri pariwisata terdiri dari sub sistem aksesibilitas atau transportasi, akomodasi dan atraksi. Destinasi pariwisata mempunyai sub sistem daya tarik wisata, fasilitas pariwisata, masyarakat, dan seterusnya.

    “Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) perencanaan pemasaran pariwisata yang dilaksanakan oleh Ditjen Pemasaran Pariwisata  Kemenbudpar, (diselenggarakan 29 Juli 2010 di Jakarta),  tentulah terutama bertolak dari perspektif pemasaran dan mengelola sasaran-sasaran yang dapat dicapai dari perspektif tersebut, berdasarkan produk yang tersedia atau layak jual,” menerangkan Syamsul Lussa.

    Dia mengharapkan sub sistem lain disebutkan tadi akan bisa saling mensinergikan kebijakan, strategi, dan kegiatan. Dia mencontohkan, strategi dan kegiatan pengembangan rute penerbangan, sebaiknya dan bisa diselaraskan dengan sasaran-sasaran pengembangan pasar pariwisata Indonesia. Harapan ini telah diwacanakan sejak beberapa tahun ini.

Demikian pula strategi dan kegiat an pengembangan fasilitas dan daya tarik wisata di destinasi pariwisata.*** (Tulisan ini telah dimuat di Newsletter PARIWISATA INDONESIA edisi Agustus 2010, terbitan Ditjen Pemasaran Pariwisata, Kemenbudpar).

Iklan

Satu Tanggapan to “Posisi Kegiatan Pemasaran”

  1. Alpa Rian said

    susah juga pa menerapkan teori karena praktek dilapangan itu ternyata lebih sulit.
    baju muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: